Posted by : AoLady Saturday, August 9, 2014

Jumpa lagi bersama Aolady dalam artikel Seputar Archetype! ^o^)/
Mungkin beberapa dari pembaca sudah tahu tentang archetype rese yang dirilis di NECH, dimana ace monsternya kebal spell, trap, dan efek dari monster yang level/ranknya dibawah level si monster. Rese. Udah gitu bisa ngurangin ATK dan DEF monster lawan. Rese. Udah gitu lagi tiap turn bisa maksa lawan mengirim satu kartu di tangan ke graveyard. Yes, mengirim. Bukan membuang. RESE!!!

Dude, I'm famous and I know it

Yes, itu dia! Kali ini penulis bakal membahas archetype Qliphoth! Cuma sebelumnya, penulis harus peringatkan kalo Qliphoth ini berasal dari sesuatu yang masih dianggap sensitif oleh sebagian orang sini. Karena itu, penulis akan sangat senang jika pembaca mau mempelajari ini dengan pikiran terbuka. Ini adalah pengetahuan, dan pengetahuan selalu berguna dalam kehidupan. ;)
Oke? Nah, yuk kita lanjut kalo gitu.

Qliphoth. Apa itu Qliphoth? Qliphoth merupakan bentuk jamak dari "Qliphah", dan kadang-kadang ditulis sebagai "Klippot". Qliphoth merupakan bagian dari ajaran Kabbalah dan memiliki arti "kulit" atau "wadah" secara metafor, dan merupakan representasi dari kekuatan jahat dalam kepercayaan Yahudi (mudahnya, representasi setan yang selalu berusaha menghancurkan dunia). Menurut kosmologi Kabbalah, Qliphoth merupakan "wadah-wadah" yang mengelilingi Yang Dikuduskan, layaknya kulit buah yang menutupi isi dari buah tersebut (daging dan biji). Dalam ajaran Yahudi yang menekankan pada wahyu dari Tuhan Yang Maha Esa, Qliphoth digambarkan sebagai wadah yang menutupi kekudusan Tuhan. Dalam istilah umum, Qliphoth merupakan kebalikan dari sepuluh atribut pada Sephirot. Sebagai bentuk penyimpangan dari kesepuluh atribut (sephirah) tersebut, nama dan sikap yang dimiliki satu qliphah tergantung dari atribut dalam Sephirot yang ia "tempel", dan kadang-kadang memiliki efek yang lebih destruktif dari atribut tersebut.


Sephirot

Terdengar ribet ya?

Jadi, Qliphoth ini semacam versi "corrupt" atau "evil counterpart"nya Kabbalah. Jadi, pada masing-masing sephirah, terdapat semacam kekuatan jahat yang dapat bermanifestasi menjadi iblis atau sisi gelap Tuhan.

Ada dua teori mengenai kehadiran Qliphoth. Pertama, yang juga lebih dikenal saat ini, adalah teori bahwa Qliphoth merupakan hasil dari adanya ketidakseimbangan sesaat, yang dihasilkan oleh proses emanasi berturut-turut. Teori lain menyebutkan bahwa kekuatan jahat sesungguhnya lebih dari sekedar sisa-sisa dari siklus penciptaan. Dikatakan bahwa sisa-sisa dari alam semesta yang sebelumnya (baik yang fisik maupun tidak kelihatan oleh mata) masih eksis dan sisa-sisa inilah yang nantinya membentuk Qliphoth.

***

Dalam Yu-Gi-Oh!, nama-nama monster dalam archetype ini berhubungan dengan komputer; seperti Qliphoth Disk, dimana disk diambil dari tipe penyimpanan pada komputer.



Disk storage merupakan kategori umum pada penyimpanan di komputer.

Kecuali Qliphoth Genome, dimana genome merupakan material genetik suatu makhluk.

Qliphoth Genome
Desain monster-monster Qliphoth mengingatkan kita pada kapal, dengan motif seperti mata yang memiliki bulatan merah kecil pada salah satu sisinya, dan bulatan biru kecil pada sisi lain.
Playstylenya? Memanfaatkan metode summon teranyar, Pendulum Summon untuk mengumpulkan tumbal, eh, bahan untuk nantinya di-Tribute menjadi Apoqliphoth Killer (atau... monster lain yang efeknya jalan kalau di-Tribute Summon, kalau mau~).

***

Oke, itu sekilas penjelasan mengenai archetype Qliphoth, yang disebut-sebut sebagai calon meta saat NECH keluar nanti. Penulis berharap pembaca sekalian dapat menerima tulisan kali ini secara terbuka karena... well... topik Seputar Archetype kali ini memang agak... sensitif ya. Hehehe.

Sampai jumpa di rubrik Seputar Archetype berikutnya~ ^o^

***


Sumber :
  1. Wikipedia : Qliphoth
  2. Yugioh Wikia : Qliphoth - Archetype
  3. Bonner, J., (2002). Qabalah: a magical primer. New York City: Weiser Books
  4. Knight, G., (2002). A practical guide to qabalistic symbolism, chapter xxi. New York City: Weiser Books.
  5. Komentar dari Calvin Sidjaya dalam grup World Mythology Community : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10203234502965602&set=gm.725511074164265&type=1

{ 4 komentar... read them below or Comment }

  1. Jujur ini cerita qliphot sangat menarik perhatian saya pribadi. Tapi,bisa gak admin menjelaskan apa sebenarnya qliphort ini ditinjau dari sudut pandang card maker di ygopro tersebut. Trivianya itu bagaimana. Cerita qliphot menurut yugioh sendiri itu seperti apa. Kenapa mereka membuat kartu ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Anda tipe orang yang open-minded, saya saranin coba buka2 buku tentang Sephirot, karna bahasannya masih nyambung. Kenapa dibuat dan dari sudut pandang card maker? Itu biarlah disimpan sama artistnya.

      Delete

- Copyright © Yugioh Depok Community - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -