Posted by : AoLady Monday, September 15, 2014

Kembali lagi bersama Ao dalam rubrik Seputar Archetype... eh? Ya... kali ini dalam rangka kejar setoran. Hohoho. Yah, daripada mood menulisnya tiba-tiba hilang gitu kan, mendingan tulis begitu ada kesempatan...

Oke oke, cukup basa-basinya. Langsung aja, archetype yang kebagian spotlight kali ini adalah... archetype yang muncul di Yu-Gi-Oh! 5D's dan dipakai oleh salah satu karakter utamanya.


Crow Hogan

Sudah bisa menebak?


Chirp chirp chirp!!!

Yes! Archetype yang terdiri atas burung-burung unyu ini sempat menjadi meta dan sempat naik lagi ketika support barunya dirilis di DRLG!
Playstylenya bertipe swarming field secara agresif untuk kemudian di-synchro sesuai kebutuhan (dan sebelumnya biasanya main halve-halve dulu biar kokoro lawan perih) atau dibiarkan untuk beatdown. Ga sampe 8000? Turunkan Kalut! Chirp (Profit!!!)!
Setelah era Xyz, extra deck untuk Blackwing ketambahan beberapa monster seperti Zerofyne atau rank 4 generik... dimana yang generik itu efeknya rese. lol.

Nama-nama monster dalam archetype yang semuanya bertipe Winged-Beast dan beratribut DARK (kecuali Aurora, LIGHT) ini diambil dari nama-nama fenomena alam, terutama angin (anime) dan jenis-jenis senjata (manga), kecuali Kalut, Shura, Hilen, dan Elphin. Nama-nama dewa angin dari beberapa mitologi juga dipakai seperti pada Zephyros dan Vayu.
Oke~ langsung saja mulai ya pembahasannya~

Pada Bab 1 ini, akan dibahas mengenai asal mula nama-nama burung dalam archetype Blackwing yang muncul di anime.


1. Blackwing - Abrolhos the Megaquake



Namanya diambil dari Abrolhos Squall atau disebut juga Abroholos, yaitu angin yang bertiup pada bulan Mei hingga Agustus di sekitar Kepulauan Abrolhos yang terletak di lepas pantai timur Brazil. Abrolhos didefinisikan sebagai angin yang bertiup dengan sangat kencang yang disebabkan karena angin pasat tenggara memperoleh panas dan kelembaban melintasi pantai timur Brazil.

2. Blackwing - Aurora the Northern Lights



Oke, nama burung ini tidak diambil dari angin. ;-) Aurora Borealis adalah sebuah fenomena yang terjadi di dekat Kutub Utara, dimana cahaya memancar dari langit sebagai akibat dari interaksi antara medan magnetik Bumi pada partikel-partikel yang dipancarkan Matahari. Di Kutub Selatan, fenomena aurora juga terjadi dan dikenal sebagai Aurora Australis.

3.  Blackwing - Blizzard the Far North



Secara harafiah, "blizzard" berarti "badai salju". Lengkapnya, "blizzard" didefinisikan sebagai badai salju hebat dengan kecepatan angin setidaknya 56 km/jam dan berlangsung lama, biasanya tiga jam atau lebih. Ada juga fenomena ground blizzard dimana salju di tanah terangkat dan tertiup oleh angin kencang. Efek yang dihasilkan fenomena ini juga nggak main-main, seperti menurunnya jarak pandang, whiteout, hingga hipotermia dan frostbite.


cute yet deadly IRL

Badai salju paling mematikan tercatat pada tahun 1972 di Iran, yang memakan sekitar 4000 korban jiwa dan menyebabkan tidak kurang dari 200 desa terkubur di bawah salju.

4. Blackwing - Bora the Spear

Namanya familiar? Bukan, bukan Bora yang suka goyang uget-uget itu.


Bukan!!!

Tapi Bora yang suka sama monster-monster dalam Defense position!


Defense position? "Hmmm, sedaaaap". xoxo

Bora merupakan angin turun (katabatic wind) yang biasa terjadi sepanjang pantai timur Adriatik Utara, dan memiliki kemiripan dalam beberapa hal dengan Mistral. Bora merupakan angin timur laut kencang yang biasa bertiup pada musim dingin. Kecepatannya dapat mencapai 100 knot (hampir 115 m/jam).
Di Yunani, "Bora" dideskripsikan sebagai hujan musim panas yang deras yang terjadi selama beberapa menit. Sedangkan di Albania, kata "bora" berarti "salju".

Fun fact : Bora dan Snoww memiliki attack point sama, dan nama mereka sama-sama berarti salju~

5. Blackwing - Boreas the Sharp



Boreas merupakan dewa angin utara dan pembawa musim dingin dalam mitologi Yunani. Bersama Zephyros, Notos, dan Euros, mereka disebut Anemoi (Romawi : Venti). Boreas digambarkan sebagai pria berjanggut dan bersayap serta mengenakan jubah. Salah satu kisah yang banyak diabadikan dalam lukisan vas adalah ketika Boreas menculik seorang puteri bernama Oreithyia di kota Athena. Konon, pada saat serangan Xerxes, rakyat Athena berdoa pada Boreas, yang dipercaya kemudian mengirim badai yang menghancurkan 400 kapal Persia.

FUN FACT : Nama Boreas di OCG adalah "Bora", sementara nama Bora di OCG adalah "Blast". Blast merupakan sebutan untuk pergerakan udara yang sangat cepat dan kuat.

6. Blackwing - Breeze the Zephyr



"Breeze" adalah sinonim dari "Zephyr" yang berarti "angin sepoi-sepoi".

7. Blackwing - Brisote the Tailwind



Brisote merupakan angin pasat timur laut yang bertiup lebih kuat dari angin biasa di Kuba. Nama Brisote di OCG, Alizé, merupakan bahasa Prancis untuk "angin pasat".

8. Blackwing - Calima the Haze



Calima merupakan angin debu yang berasal dari lapisan udara Sahara.

9. Blackwing - Elphin The Raven



Nama Elphin diduga merupakan berasal dari bahasa Irlandia "Aill Fion", yang berarti "bright cliff" (tebing yang cerah) atau "bright rock" (batu cerah). Yep, Elphin merupakan salah satu dari sedikit burung yang dinamai tidak berdasarkan fenomena alam maupun sesuatu yang berhubungan dengan angin.

10. Blackwing - Etesian of Two Swords



Di sekitar Laut Aegea, pada pertengahan Mei hingga September, bertiup angin utara yang kering dan kuat. Itulah Etesian. Etesian juga mempengaruhi cuaca di kawasan Teluk Basin. Etesian bertiup paling kuat pada sore hari dan reda pada malamnya, namun kadang-kadang dapat bertiup selama beberapa hari tanpa henti.

11. Blackwing - Fane the Steel Chain



Bagi yang sudah mempelajari sedikit tentang angin di geografi, mungkin namanya terdengar familiar. Di Indonesia, angin foehn dikenal dengan sebutan angin terjun. Angin foehn terjadi ketika ada gerakan massa udara yang menaiki suatu pegunungan yang tingginya diatas 200m. Massa udara yang mencapai puncak pegunungan akan mengalami kondensasi sehingga memicu turunnya hujan pada salah satu sisi lereng. Sementara pada sisi lain lereng, hujan tidak turun. Daerah yang tidak mengalami hujan ini dinamakan "daerah bayangan hujan". Di daerah ini angin dari atas pegunungan akan turun dengan kecepatan tinggi dan bersifat panas dan kering. Angin inilah yang disebut angin foehn.


Penulis tidak tahu seperti apa wujud penjelasan di buku pelajaran kurikulum sekarang. Yang jelas dulu penulis sempat menemukan ilustrasi mirip begini di buku Geografi... SMP atau SMA ya?

Ada beberapa sebutan lokal untuk angin foehn di Indonesia :
  • Angin Bahorok (Deli, Sumatera Utara)
  • Angin Kumbang (Cirebon, Jawa Barat)
  • Angin Gending (Pasuruan, Jawa Timur)
  • Angin Brubu (Makassar, Sulawesi Selatan)
  • Angin Wambraw (Biak, Irian Jaya)

12. Blackwing - Gale the Whirlwind



Nama tuner ikonik Blackwing ini secara harafiah berarti "angin kencang". Lebih jauh, The US National Weather Service menetapkan bahwa untuk dapat dikategorikan sebagai "gale" angin haruslah bertiup pada kecepatan 34 sampai 47 knot (sekitar 17,5 sampai 24,2 m/detik) sedangkan Skala Beaufort menetapkan kecepatan angin untuk dapat dikategorikan sebagai "gale" adalah 50 sampai 102 km/jam.
Masih dalam Skala Beaufort, "gale" dikelompokkan lagi menjadi :
7: Moderate Gale (32–38 mil/jam)
8: Fresh Gale (39-46 mil/jam)
9: Strong Gale (47-54 mil/jam)
10: Storm/Whole Gale (55-63 mil/jam)

Lengkapnya dapat dilihat pada tabel berikut :



Sedangkan whirlwind memiliki arti angin puyuh. Sejalan dengan penggambaran aktivasi efek Gale di anime, yaitu menciptakan angin puyuh kecil dengan sayapnya untuk meng-halve attack dan defense monster lawan.


I halve people's fun IRL too! dan mungkin saya juga... sedikit meninggalkan bekas setelah main-main *wink*

13. Blackwing - Ghibli The Searing Wind & Blackwing - Sirocco the Dawn


Sudah pembahasannya disatukan saja

Sirocco merupakan angin Mediterania yang bertiup dari Sahara menuju Eropa Selatan dan Afrika Utara. Cekungan Laut Tengah merupakan jalan raya bagi sistem-sistem tekanan rendah di Samudra Atlantik. Sistem-sistem tekanan rendah ini kemudian menarik udara di atas Sahara sehingga tercipta angin panas penuh pasir. Inilah yang disebut sirocco. Bila sirocco berhembus dan matahari bersinar, suhu dapat melampaui 38 derajat Celsius. Dalam perjalanannya menuju Eropa, sirocco menyerap uap air dari Laut Tengah dan membawa cuaca panas sekaligus berawan. Jikalau hujan, air hujannya keruh karena pasir dan debu gurun yang terkandung didalamnya.
Lalu mengapa pembahasannya disatukan dengan Ghibli? "Ghibli" merupakan sebutan untuk "sirocco" di Libya. Yep, Ghibli dan Sirocco itu sama, hanya berbeda bahasa saja.

14. Blackwing - Gust the Backblast


 Secara harafiah, "gust" berarti hembusan angin yang kencang dalam waktu singkat.

15. Blackwing - Hillen the Tengu-Wind



Hillen digambarkan menyerupai Tengu (天狗). Tengu merupakan makhluk dalam legenda Jepang yang berwujud seperti burung elang atau gagak dan mengenakan baju pendeta yamabushi, yang menempa ilmu di hutan dan gunung. Semenjak abad pertengahan, Tengu digambarkan memiliki hidung panjang. Tengu juga digambarkan berwajah merah, berkuku panjang dan bersayap. Tengu membawa kipas berbentuk daun (hauchiwa), tongkat yang disebut kongouzue, dan tachi. Pekerjaan makhluk ini adalah mengganggu orang yang ingin mendalami ajaran Buddha.


16. Blackwing - Hurricane the Tornado


Saya lebih destruktif dari Gale lho! IRL sih...


Sebelumnya, mari kita lihat kembali tabel ini :


Dengan kekuatan 12, "hurricane" memiliki kekuatan paling destruktif dalam skala di atas.

Menurut skala Beaufort, untuk bisa dikategorikan sebagai "hurricane", angin harus bertiup lebih dari 119 km/jam dan termasuk ke dalam angin paling ganas. Kerusakannya pun tidak main-main. Masih ingat tentang Badai Katrina? Tidak kurang dari 1800 orang tewas, belum kerugian yang ditimbulkan akibat rusaknya bangunan-bangunan yang dilewati badai ini pada tanggal 23 Agustus 2005 lalu. Secara harafiah, "hurricane" merupakan sinonim dari "tornado", yang berarti "badai" atau "angin topan". Sinonim lain dari kata ini adalah "tempest" dan "(wind)strom". Daftar badai terhebat di dunia dapat dilihat di Wikipedia.
Menurut BMKG, wilayah Indonesia tidak termasuk dalam wilayah yang dilalui siklon tropis (siklon tropis dapat berkembang menjadi "hurricane", just FYI) di sekitar Samudra Pasifik maupun Samudra Hindia. Namun, siklon tropis yang terjadi di sekitar Indonesia memberikan efek pada cuaca di Indonesia seperti angin kencang dan naiknya permukaan laut. Namun bukan berarti kita bisa bersenang-senang ya, karena masih ada yang namanya angin puting beliung yang juga destruktif. :3
Pada saat artikel ini ditulis, BMKG juga baru saja mengeluarkan peringatan terkait efek siklon Kalmaegi yang terjadi di dekat Filipina.

17. Blackwing - Jetstream the Blue Sky



Jet Stream merupakan arus udara sempit dan cepat yang terjadi pada perbatasan antara troposfer dan stratosfer. Penyebabnya adalah kombinasi antara rotasi Bumi dan pemanasan di atmosfer (baik secara internal maupun dari Matahari).

18. Blackwing - Jinn the Rain Shadow



Nama burung ini diduga berasal dari "Djinn", yang secara harafiah berarti "yang tidak terlihat". Secara bahasa, "djinn" atau yang kita kenal sebagai "jin" adalah sesuatu yang tersembunyi dan halus alias tak dapat dilihat oleh mata. Dalam surat Al Jin diceritakan bahwa dahulu bangsa jin menduduki beberapa tempat di langit dan membagikan berita-berita dari Allah, namun sekarang mereka tidak beisa mendengarnya lagi setelah diutusnya Nabi Muhammad SAW.
Lalu bagaimana dengan setan? Setan ialah sifat dari setiap yang durhaka dari golongan jin dan manusia. Jadi, jin ini makhluknya, sedangkan setan itu sifatnya. Jangan sampai keliru lagi cuma karena sering nonton acara misteri ya, pembaca sekalian ;)
Jinn the Rain Shadow dan Breeze the Zephyr merupakan monster Blackwing yang tidak pernah muncul di anime maupun manga.

19. Blackwing - Kalut the Moon Shadow



Nama "Kalut" diduga berasal dari "Qal'at" atau "Kalat", bahasa Persia yang berarti "benteng". Sejalan dengan efek monster imut ini, yang menjadi benteng dengan menambah attack "Blackwing" lain yang menjadi targetnya saat dia terjun dari tangan ke Graveyard.
Sebutan Qal'at juga digunakan untuk menyebut benteng pertahanan dalam Islam. Berbagai benteng di Timur Tengah disebut Qalat dalam bahasa setempat, seperti Benteng Protugal di Bahrain, yang disebut Qalat al-Bahrain. "Kalut" sendiri juga merupakan nama provinsi di Iran.


20. Blackwing - Kochi the Daybreak



Dalam bahasa Jepang, kochi berarti "angin (yang bertiup dari) timur"(東風).


21. Blackwing - Blackwing - Kogarashi the Wanderer




Sedangkan kogarashi adalah angin utara yang bertiup pada awal musim dingin.

22. Blackwing - Mistral the Silver Shield



Mistral merupakan angin barat laut yang dingin, dan bertiup kencang dari selatan Perancis ke Gulf of Lion, dengan kecepatan lebih dari 40 km/jam, dan kadang-kadang mencapai 100 km/jam. Mistral sering terjadi pada saat musim dingin dan musim semi, dan paling kuat bertiup saat pergantian kedua musim tersebut.
Di Perancis, mistral didefinisikan sebagai angin kencang dan dingin yang kecepatannya bertambah saat melewati Lembah Rhone dan sungai Durance sampai pantai Laut Tengah di wilayah Camargue. Kadang-kadang, mistral juga menyebabkan badai mendadak di daerah Corsica dan Kepulauan Balears.

23. Blackwing - Oroshi the Squall



Oroshi merupakan bahasa Jepang untuk katabatic wind alias angin turun. Di Jepang sendiri, nama Oroshi digunakan untuk menyebut angin di daerah Kanto yang bertiup di kawasan Honshu yang berbatasan dengan Laut Jepang.

24. Blackwing - Shura the Blue Flame



"Shura" dapat mengacu ke 3 hal :

a. "Shura" merupakan bahasa Arab untuk "konsultasi" atau "musyawarah". Al-Qur'an dan Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Muslim untuk membuat keputusan melalui proses ini. Istilah "shura" diketahui disebut tiga kali dalam Al-Qur'an (sebagai aktivitas yang terpuji) yaitu pada :
  •  Dalam surat Al-Baqarah ayat 233 tentang masa penyapihan anak. Dikatakan bahwa anak sebaiknya disusui selama dua tahun. Jika orang tua ingin menyusui anaknya kurang dari dua tahun, tidak ada salahnya selama ada persetujuan dan setelah keduanya bermusyawarah dalam mengambil keputusan.
  • Surat ke-42 dalam Al-Qur'an dinamakan Asy-Syuuraa. Bahkan ayat 38 menganjurkan umat untuk "memusyawarahkan urusan mereka antara sesamanya". Sifat tersebut dan beberapa sifat lainnya (disebutkan dalam ayat 36 sampai 39) akan berbuah kenikmatan akhirat.
  • Surat Ali-Imran ayat 159 memerintahkan Nabi Muhammad SAW untuk bermusyawarah kepada umat. Ayat ini merupakan referensi langsung bahwa sebaiknya kekeliruan itu dimusyawarahkan (agar mendapat titik terang).
b. "Ashura" merupakan lafal Jepang untuk "Asura". "Asura" dalam ajaran Buddha adalah tingkatan terendah dari dewa atau manusia setengah dewa dalam Kamadhatu. Mereka dideskripsikan memiliki 3 kepala, 3 wajah, dan 4 sampai 6 lengan. 
c. "Shuramono" (修羅物) adalah salah satu kategori dalam drama musikal khas Jepang, Noh. Dalam kategori ini, shite (tokoh utama) biasanya tampil sebagai hantu pada paro pertama, dan sebagai pahlawan dalam perang besar kerajaan pada paro kedua, menghidupkan kembali adegan dimana sang pahlawan tewas.

25. Blackwing - Steam the Cloaked 




"Steam" dalam bahasa Inggris berarti "uap". Uap adalah... wujud gas dari air, yang timbul saat air mencapai titik didih.


26. Blackwing - Vayu the Emblem of Honor



"Vayu" adalah dewa angin dalam mitologi Hindu. Di Indonesia, nama "Vayu" lebih populer sebagai "Bayu" yang diambil dari "Batara Bayu", dan merupakan nama yang cukup sering diberikan oleh orang tua kepada anak laki-lakinya.
Dalam mitologi Hindu, Batara Bayu merupakan salah satu Dewa utama, karena udara atau angin termasuk ke dalam Panca Maha Bhuta (Lima Elemen Dasar). Batara Bayu adalah ayah dari Bima dan guru spiritual dari Hanuman. Wahana (kendaraan) Batara Bayu adalah antelop.
Daalam dunia perwayangan Indonesia, Batara Bayu digambarkan memiliki beberapa ajian, diantaranya Sepiangin dan Bayubraja. Hal ini tidak terdapat dalam mitologi Hindu di India.

27. Blackwing - Zephyros the Elite



Jika Boreas merupakan lambang angin utara dan musim dingin, maka Zephyros, juga merupakan anggota dari Anemoi, adalah lambang dari angin barat dan musim semi. Yep, Zephyros diambil dari nama salah satu dewa angin dalam mitologi Yunani. Kisah Zephyros yang terkenal dalam mitologinya barangkali adalah tentang persaingannya dalam merebut cinta Hyacinth dengan dewa musik Apollo. Zephyros digambarkan sebagai pemuda tampan bersayap dalam karya seni klasik. Sedangkan dalam mosaik Greco-Roman, ia digambarkan sebagai personifikasi musim semi yang membawa sekeranjang buah yang belum matang.

Bersambung ke bagian 2 ya~ ;)


Sumber :

  1. http://yugioh.wikia.com/wiki/Blackwing
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Abrolhos_squall
  3. http://www.weatheronline.co.uk/reports/wind/The-Abroholos.htm
  4. http://id.wikipedia.org/wiki/Aurora
  5.  http://en.wikipedia.org/wiki/Blizzard
  6. http://en.wikipedia.org/wiki/Bora_(wind)
  7. http://1yachtua.com/Medit-marinas/Mediterranean_Sailing/mediterranean_winds.shtm
  8. http://id.wikipedia.org/wiki/Anemoi
  9. http://www.merriam-webster.com/dictionary/blast
  10. https://translate.google.co.id/#en/id/breeze (Lihat bagian "definisi: nomina")
  11. http://en.wikipedia.org/wiki/Brisote
  12. http://en.wikipedia.org/wiki/Calima
  13. http://yugioh.wikia.com/wiki/Card_Trivia:Blackwing_-_Elphin_the_Raven
  14. http://en.wikipedia.org/wiki/Etesian
  15. http://id.wikipedia.org/wiki/Angin_fohn
  16. http://en.wikipedia.org/wiki/Gale
  17. http://en.wikipedia.org/wiki/Whirlwind
  18. http://en.wikipedia.org/wiki/Sirocco
  19. "Cuaca dan Iklim". Hamparan Dunia Ilmu Time-Life
  20. http://en.wikipedia.org/wiki/Wind#Measurement
  21. https://translate.google.co.id/#en/id/gust (Lihat bagian "definisi: nomina")
  22. http://id.wikipedia.org/wiki/Tengu
  23. http://id.wikipedia.org/wiki/Siklon_tropis
  24. http://meteo.bmkg.go.id/siklon/learn/06/id
  25. http://en.wikipedia.org/wiki/Jet_stream
  26. http://id.wikipedia.org/wiki/Jin
  27. http://en.wikipedia.org/wiki/Qalat_(fortress)
  28. http://en.wikipedia.org/wiki/Dongfeng
  29. http://worldkigo2005.blogspot.com/2006/11/withering-wind-kogarashi.html
  30. http://en.wikipedia.org/wiki/Mistral_(wind)
  31. http://en.wikipedia.org/wiki/Oroshi
  32. http://en.wikipedia.org/wiki/Shura
  33. http://en.wikipedia.org/wiki/Asura_(Buddhism)
  34. http://en.wikipedia.org/wiki/Noh
  35. http://en.wikipedia.org/wiki/Steam
  36. http://id.wikipedia.org/wiki/Bayu
  37. http://en.wikipedia.org/wiki/Vayu
  38. http://www.theoi.com/Titan/AnemosZephyros.html

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Keren! Bisa sekalian belajar banyak hal dengan cuman melototin kartu Yugi. :)
    hehe

    ReplyDelete

- Copyright © Yugioh Depok Community - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -