Posted by : AoLady Monday, September 15, 2014

Kembali lagi bersama Ao! Kali ini penulis mau melanjutkan artikel mengenai Blackwing nih. Pada bagian kedua ini, penulis akan membahas tentang burung-burung unyu yang muncul di komiknya. Yuk langsung aja diliat ;)

Nama-nama monster Blackwing dalam manga kebanyakan diambil dari nama senjata, terutama senjata tajam. Sementara nama belakangnya diambil dari fenomena yang terjadi di langit.

1. Blackwing - Damascus the Polar Night


Baja damaskus (Damascus Steel) merupakan material legendaris dari baja dimana material ini memiliki sifat superplastis, yaitu kemampuan untuk mengalami deformasi tanpa retak hingga 1000%. Baja ini sering digunakan untuk menempa berbagai senjata, terutama pedang dan belati. Pedang dari baja damaskus memiliki ciri khas berupa coraknya seperti air mengalir. Senjata tajam yang terbuat dari material ini sangat kuat, tidak mudah patah, dan tidak mudah tumpul.

Contoh pedang dari baja damaskus

Sementara "Polar Night" merupakan fenomena dimana malam berlangsung lebih dari 24 jam. Fenomena ini biasa terjadi di daerah Kutub dan merupakan kebalikan dari "Polar Day".


2. Blackwing - Gladius the Midnight Sun



Masih ingat pembahasan tentang Gladiator Beast? Di artikel tersebut nama "gladius" beberapa kali disebutkan sebagai senjata yang biasa dipakai para gladiator dalam pertarungan. Gladius merupakan salah satu sebutan Latin untuk "pedang, dan juga senjata yang dipakai oleh para prajurit Romawi Kuno. Pada abad ketiga sebelum Masehi, bangsa Romawi mengadopsi pedang yang serupa dengan yang dipakai suku Keltiberia dalam masa awal penaklukkan Hispanik. Pedang inilah yang kemudian disebut sebagai "gladius".


Sementara "Midnight Sun" merupakan sebutan lain untuk "Polar Day", dimana siang dapat berlangsung selama 24 jam atau lebih karena matahari tetap bersinar di waktu tengah malam. Seperti halnya polar night, midnight sun juga hanya terjadi di daerah Kutub.

3. Blackwing - Gram the Shining Star & Blackwing - Nothung the Starlight



Dalam mitologi Norse, Gram merupakan pedang yang digunakan Sigurd untuk membunuh naga yang bernama Fafnir. Dalam kisahnya, pada awalya Gram ditempa oleh Volund untuk Sigmund (ayah Sigurd). Pedang Gram sempat hancur saat Sigmund tertusuk tombak musuh, namun sebelum mati, Sigmund berpesan kepada istrinya untuk menyimpan pedang tersebut agar ditempa ulang untuk putranya yang masih dalam kandungan. Kemudian, Gram akhirnya ditempa ulang oleh seorang pandai besi bernama Regin. Setelah ditempa ulang, pedang Gram konon mampu membelah landasan tempa.
Gram juga muncul dalam cerita Nibelungenlied, dimana dalam kisah ini diceritakan Siegfried membuang pedang Gram setelah dia mendapat pedang legendaris bernama Balmung. Dalam opera Jerman "Der Ring Des Nibelungen" karya Richard Wagner, pedang Gram ini ini disebut "Nothung".
Karena itu, Gram dan Nothung dalam adaptasinya sebagai monster di archetype ini memiliki nama belakang yang mirip, "shining star" dan "starlight". Keduanya berarti "cahaya bintang".

4. Blackwing- Jul the New Moon

Biar nama sama2 Shingetsu, tapi saya bukan Barian kok kakaks

Ada yang main Ragnarok Online dan milih job sebagai Assassin? Jika ada tentu tahu dong jenis senjata yang hanya kompatibel dengan job yang terkenal dengan agility-nya yang tinggi ini. Yap, Jur adalah varian dari Katar.

Pantesan penulis merasa familiar dengan katar! Jadi inget masa-masa main RO dulu

Katar berasal dari Asia Selatan dan merupakan senjata bertipe push dagger. Ciri khas katar berupa pegangan yang berbentuk seperti huruf "H" yang menyangga belati. Sehingga jika dipegang, belati Katar akan terletak langsung diatas kepalan tangan penggunanya. Katar berasal dari Tamil Nadu dan bentuk awalnya diketahui berasal dari Kerajaan Wijayanagara. Pada abad ke-16, katar sering dibuat sebagai daur ulang dari pedang yang telah rusak. Cara menggunakan katar? Silakan browse video tentang tutorial bermain sebagai Assassin di RO~ *wink*
New Moon atau bulan baru disini bukanlah judul novel bokep, namun merupakan fase dimana Bulan berada kurang-lebih segaris dengan Matahari dan yang terlihat dari Bumi adalah permukaan Bulan yang tidak mendapat sinar Matahari.

5. Blackwing - Kris the Crack of Dawn

Konami, kapan monster ini dirilis?

Keris merupakan senjata yang dipakai di Indonesia bagian barat dan tengah (terutama Jawa) dan telah dikenal sejak zaman Kerajaan dahulu. Masih ingat di buku sejarah ada cerita tentang Ken Arok yang meminta Mpu Gandring untuk menempakan keris sakti mandraguna untuknya?
Ciri khas keris adalah bentuk bilahnya yang berkelok-kelok dan memiliki pamor. Pamor adalah berkas atau guratan terang pada bilah senjata dari logam yang muncul akibat pencampuran dua atau lebih material logam yang berbeda, dan terjadi akibat pemanasan, pelipatan dan penempaan yang berulang-ulang.
Orang yang menempa keris disebut "Empu" atau "Mpu", dan sarung keris disebut "warangka".

Penulis masih menyesal nggak ngambil foto Keris sama penjelasannya waktu jalan-jalan ke Museum Gajah kemarin. Hiks.


Fungsi keris dahulu adalah sebagai senjata dalam peperangan dan pelengkap pada sesaji. Sekarang, fungsinya telah beralih menjadi lebih ke aksesoris baju adat dan benda koleksi.
Nama belakang Kris, "Dawn", secara harafiah berarti "fajar", saat matahari terbit.

6. Blackwing - Pinaka the Waxing Moon


Pinaka merupakan senjata dewa Siwa berupa busur suci. Dikatakan bahwa busur tersebut dibawa Siwa untuk melindungi seluruh makhluk. 
Sedangkan "Waxing Moon" merupakan fase bulan dari bulan baru menuju bulan purnama.

7. Blackwing - Sharnga the Waning Moon



Sharanga merupakan nama busur suci yang dipegang oleh dewa Wisnu. Senjata ini, bersama dengan Pinaka, ditempa oleh Viswakarma. Dalam mitologi Hindu, dikisahkan Brahma ingin mengetahui siapakah pemanah yang lebih baik, Wisnu atau Siwa. Karena itulah Brahma membuat mereka berselisih, yang akhirnya berujung pada duel maut. Diceritakan pula bahwa duel antara Wisnu dan Siwa membuat alam menjadi tidak seimbang.
"Waning Moon" merupakan kebalikan dari "waxing moon", yaitu fase yang ditempuh bulan purnama menjadi bulan baru. Fenomena perubahan fase bulan digambarkan dalam Al Quran, Surat Yasin ayat 39."Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua". Yang dimaksud dengan 'urjun al-qadim adalah bentuk bulan tua (waning crescent).

Phew, akhirnya selesai juga pembahasan mengenai burung-burung unyu ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membuka wawasan pembaca sekalian ya~
Sampai bertemu di artikel Seputar Archetype berikutnya!

Sumber :
  1. http://en.wikipedia.org/wiki/Damascus_steel
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Polar_night
  3. http://en.wikipedia.org/wiki/Gladius
  4. http://www.knifecollectors.org/gallery/image.raw?type=orig&id=414
  5. http://en.wikipedia.org/wiki/Midnight_sun
  6. http://en.wikipedia.org/wiki/Gram_(mythology)
  7. http://en.wikipedia.org/wiki/Siegfried_(opera)
  8. http://en.wikipedia.org/wiki/Sigurd
  9. http://en.wikipedia.org/wiki/Katar_(dagger)
  10. http://en.wikipedia.org/wiki/New_moon
  11. http://id.wikipedia.org/wiki/Keris
  12. http://id.wikipedia.org/wiki/Pamor_(logam)
  13. http://en.wikipedia.org/wiki/Shiva_Dhanush
  14. http://shivyogi.com/pinaki.html
  15. http://en.wikipedia.org/wiki/Sharanga_(Hindu_mythology)
  16. http://id.wikipedia.org/wiki/Fase_bulan

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Yugioh Depok Community - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -